Rabu, 10 November 2010

APA ITU STATISTIK.....?

Statistik
statistik itu artinya adalah data yang berupa angka-angka yang dikumpulkan, ditabulasi, digolong-golongkan sehingga dapat memberikan informasi yang berarti mengenai suatu masalah atau gejala. Atau metode ilmiah untuk menyusun, meringkas, menyajikan dan menganalisa data, sehingga dapat ditarik suatu kesimpulan yang benar dan dapat dibuat keputusan yang masuk akal berdasarkan data tersebut.
Definisi Statistika
Statistika Furqon, Ph.D.(1999) adalah bagian dari matematika yang secara khusus membicarakan cara-cara pengumpulan, analisis dan penafsiran data. Namun ada pendapat lainya Statistika adalah cabang ilmu yang mempelajari tentang bagaimana mengumpulkan, menganalisis dan menginterpretasikan data. Atau dengan kata lain, statistika menjadi semacam alat dalam melakukan suatu riset empiris.
Statistika Deskriptif
Statistika deskriptif adalah teknik yang digunakan untuk mengintisarikan data dan menampilkannya dalam bentuk yang dapat dimengerti oleh setiap orang. Atau juga mengandung metoda dan prosedur yang digunakan untuk pengumpulan, pengorganisasian, presentasi dan memberikan karakteristik terhadap himpunan data. Adapun menurut Furqon, Ph.D.(1999) statistika deskriptif bertugas hanya untuk memperoleh gambaran atau ukuran tentang data yang ada di tangan jika data yang dianalisis merupakan sampel dari suatu populasi maka statistika deskriptif akan menghasilkan ukuran-ukuran sample (statistik). Sedangkan jika data yang dianalisis merupakan keseluruhan populasi maka statistika deskriftif akan menghasilkan ukuran-ukuran populasi (parameter).
Statistika Inferensial
Statistika Inferensial mengandung prosedur yang digunakan untuk mengambil suatu inferensi (kesimpulan) tentang karakteristik populasi atas dasar informasi yang dikandung dalam sebuah sampel. Seperti telah disebutkan diatas, kita seringkali hanya mengumpulkan dan memperoleh data dari sejumlah sampel. Dengan menganalisis sampel itu kita akan memperoleh sejumlah statistik yang kemudian dpat digunakan untuk menaksir ukuran populasi atau menguji hipotesis yang berlaku untuk populasi. Dengan kata lain, kita dapat menggunakan data dan ukuran-ukuran sampel untuk melakukan inferensi tentang populasi.

Rekomendasi bacaan
Judul : Statistika Terapan untuk Penelitian
Penulis : Furqon, Ph.D.(1999)
Penerbit : Alfabeta

1 komentar:

  1. Makasih pencerahannya

    Bagi yang memiliki online shop dan ingin membuat website toko online lengkap, desain menarik, gratis penyebaran, SEO, Backlink, agar usaha nya mudah ditemukan banyak pembeli di internet, sehingga bisa meningkatkan penjualan, klik ya : www.jasabuattokoonline.com


    Medium : Jasa Pembuatan Website Toko Online - Tokopedia : Jasa Website Toko Online dan Website Toko Online Murah - Facebook : Jasa Pembuatan Toko Online


    www.jilbabterbaru.my.id

    BalasHapus