Selasa, 16 November 2010

PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA NOTASI BALOK SISWA KELAS V DI SD NEGERI

BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Musik merupakan hal yang mendasar dalam kehidupan manusia,
karena musik adalah suatu perwujudan dari kemampuan berfikir manusia dari
masa ke masa yang selalu mengalami perubahan.
Musik sebagai salah satu cabang dari kesenian, adalah suatu hasil
karya seni bunyi yang berupa lagu atau komposisi musik, yang
mengungkapkan pikiran dan perasaan penciptanya melalui unsur-unsur musik,
yaitu : Irama, melodi, harmoni, bentuk / struktur lagu dan ekspresi.
Tidak dapat disangkal lagi, dunia disekitar kita dipenuhi oleh musik.
Saat ini musik sudah menjadi bagian dalam kehidupan seseorang. Oleh karena
itu kita harus memperkenalkan musik kepada anak.
Selain itu, pakar pendidikan berpendapat bahwa musik mempunyai
peranan yang penting dalam kehidupan anak. Bila anak terlibat dalam musik,
selain dapat mengembangkan kreatifitas mereka, musik juga dapat membantu
perkembangan individu anak, mengembangkan sensitivitas anak, membangun
rasa keindahan anak, membuat anak dapat mengungkapkan ekspresi,
memberikan tantangan, melatih disiplin dan mengenalkan pada anak sejarah
budaya bangsa.
Dalam kenyataannya, berdasarkan temuan peneliti banyak siswa kelas
V SD Negari Purwoyoso 05 kecamatan Ngaliyan kota Semarang belum
menguasai cara membaca notasi balok dengan benar.
B. Rumusan Masalah
Berdasarkan uraian di atas maka muncul permasalahan sebagai
berikut: Bagaimanakah upaya meningkatkan kemampuan siswa dalam
membaca notasi balok.
C. Tujuan Penelitian
1. Mengetahui kemampuan siswa membaca notasi balok
2. Meningkatkan kemampuan membaca notasi balok dengan benar.
3. Untuk menguji teori bahwa metode demonstrasi apakah tepat digunakan
dalam membaca notasi balok.
D. Manfaat Penelitian
Manfaat dari penelitian ini adalah;
1. Manfaat teoritis
Bahwa kemampuan membaca notasi balok akan meningkatkan
pemahaman siswa dalam seni suara
2. Manfaat praktis
a. Bagi lembaga PGSD , sebagai masukan dari hasil
penelitian yang dilakukan oleh mahasiswa selama penelitian.
b. Bagi sekolah, hasil penelitian akan menjadikan pertimbangan pihak
sekolah dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran.
c. Bagi peneliti, hasil penelitian dapat dijadikan perbandingan
pengetahuan yang diperoleh selama perkuliahan dengan fakta yang ada
di lapangan dan sebagai bahan pertimbangan untuk menyusun skripsi.
d. Bagi siswa, hasil penelitian akan bermanfaat dalam peningkatan
penguasaan membaca not balok terutama bagi siswa yang mengalami
kesulitan belajar.